Posted by : Unknown
Selasa, 09 September 2014
LAPORAN
KEGIATAN PROJECT JAVA
1 . TUJUAN
Setelah
melaksanakan praktikum siswa mampu :
- Memahami fungsi dari beberapa scipt Java
- Menyelesaikan study kasus
2. ALAT & BAHAN
- Komputer
PC/Laptop/Notebook/Netbook
- NetBeans
IDE
3. LANDASAN TEORI
Selecting java adalah melakukan
pengurutan dengan membaca seluruh data dari awal sampai akhir sambil mencari
data terkecil. Setelah ditemukan data terkecil dari seluruh data, data terkecil
tersebut ditukar dengan indeks terkecil. Kemudian, dicari data yang terkecil
ke-2, dan ditukarkan dengan indeks terkecil berikutnya (ke-2). Looping (perulangan) akan berakhir
ketika sudah tidak ada yang bisa ditukarkan. Seluruh data sudah berada di
posisinya.
Untuk kasus-kasus sederhana dengan jumlah data
sedikit, Selection Sort dapat diunggulkan bila dibandingkan dengan Bubble Sort atau Gnome Sort. Algoritma pengurutan ini sangat mirip bila dibandingkan
dengan Insertion Sort. Perbedaannya, Insertion Sort hanya akan mendeteksi
elemen-elemen yang diperlukan; sedangkan Selection
Sort akan mendeteksi semua elemen dari awal sampai akhir kemudian baru
diurutkan. Untuk jumlah data sedikit, perbandingan kecepatan pengurutan Insertion Sort dan Selection Sort bisa sekitar 1 : 2. Jadi, untuk kebanyakan kasus, Insertion Sort lebih cepat setengah
perbandingan. Untuk data-data yang banyak, Selection
Sort dapat diandalkan dengan algoritmanya ‘divide and conquer’ seperti pada
Merge Sort.
4. CONTOH PROGRAM & HASIL PROGRAM
5. STUDI KASUS
*
PROGRAM DAN HASIL
1. Program IF Dalam Java
/*
* To change this template,
choose Tools | Templates
* and open the template in
the editor.
*/
/**
*
* @author Mbambes
*/import java.io.*;
public class Tugas {
public static void main
(String []arg) throws IOException{
BufferedReader in = new
BufferedReader (
new
InputStreamReader(System.in));
System.out.println("Masukkan Angka : ");
int angka = in.read();
if (angka>=0) if
(angka <= 50) {
System.out.println("Sangat Jelek");
}
else if (angka>=51) if (angka <= 60) {
System.out.println("Jelek");
}
else if (angka>=61)
if (angka <=75) {
System.out.println("Cukup");
}
else if (angka>=76)
if (angka <=80) {
System.out.println("Baik");
}
else if (angka>=81)
if (angka <=90) {
System.out.println("Sangat Baik");
}
else if (angka>=91)
if (angka <=100) {
}
}
}
2. Program CASE
Dalam Java .
/*
* To change this
template, choose Tools | Templates
* and open the
template in the editor.
*/
/**
*
* @author Mbambes
*/
public class TugasJava {
public static
void main (String[]arg){
int grade = 1;
switch(grade){
case 4:
System.out.println("EXCELLENT!!");
break;
case 3:
System.out.println("GOD JOB!!");
break;
case 2:
System.out.println("STUDY HARDER!!");
break;
case 1:
System.out.println("YOU MUST STUDY HARD!!");
break;
default:
System.out.println("SORRY , YOU FAILED!!");
break;
}
}
}
6. Pembahasan
7. KESIMPULAN
1.
import java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
èDigunakan untuk dapat menginputkan
data
2.
Break
è Pernyataan
break harus dituliskan untuk menghentikan pencarian pada case berikutnya.
3.
switch(bulan){
èMenunjukkan
bahwa dalam bulan terdapat berbagai pilihan.
7. KESIMPULAN
If dan case digunakan jika ingin membuat
suatu perbandingan atau membuat pilihan pada suatu nilai. If dan case mempunyai
tujuan yang sama yaitu percabangan. Semua tergantung kita mau pilih yang mana
karena output program sama saja. Bedanya hanya pada penulisan sintak program.